Bimtek Sistem Informasi Desa (Pengisian Profil Desa th 2018)

Operator Sistem Informasi Desa di Kabupaten Brebes yang lazim mengoperasionalkan Sistem Informasi Desa,  pada Selasa (6-11-2018) mendapat bimbingan teknis pengisian Profil Desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Bimbingan teknik dilaksanakan di Aula Kecamatan Bantarkawung dihadiri lebih dari 20 Operator SID.

Dengan adanya website Desa, diharapkan potensi desa akan mudah dikenal oleh banyak orang. Dengan dikenalnya potensi desa maka akan mempermudah orang lain mengetahui potensi-potensi yang ada di Desa tanpa harus berkunjung langsung ke Desa tersebut.

Menilik Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 47 tahun 2016, tentang Pedoman Pengembangan Sistem Informasi Desa di Jawa Tengah, pasal 2 menegaskan bahwa ada lima point maksud dan tujuan pengembangan SID.

  • Meningkatkan Kualitas Perencanaan dan Perumusan Kebijakan Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan.
  • Mengefektifkan Pelaksanaan Kebijakan, program dan kegiatan pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan, yang dilakukan Pemerintah Desa.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pihak yang berkepentingan.
  • Mengukur dan memberikan penilaian secara obyektif terhadap kemajuan dan pencapaian strategi pembangunan di Desa dan Kawasan Perdesaan yang dilakukan Pemerintah Desa
  • Sebagai media dalam memperoleh, mengelola dan menyajikan data serta informasi desa dan Kawasan Perdesaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.